Perawatan dan Mengenal Gambar dan Motif Batik

Kain dengan gambar motif batik adalah salah satu kesenian khas Indonesia yang telah ada sejak berabad-abad lamanya. Batik mempunyai arti suatu karya seni yang dihasilkan dengan menggunakan lilin sebagai bahan perintang dari pewarnaan dengan menggunakan teknik tutup celup untuk membentuk suatu ornamen atau motif batik.

Batik Indonesia memiliki ciri khas gambar dan motif batik sendiri-sendiri tergantung daerahnya. Digolongkan menjadi 4 yaitu motif batik geometris, motif batik yang ornamen utamanya tumbuhan atau binatang yang disusun secara harmoni tapi tidak geometris, motif batik buketan dan motif batik modern yang memiliki pola motif batik gaya bebas.

Dalam perkembangannya saat ini, untuk menghasilkan kain dengan motif batik ada banyak ragam teknik yang dilakukan yaitu batik tulis yangmana gambar batik dibuat dengan cara manual yaitu dengan ditulis tangan, batik cap yang mana motif batik dibuat dengan menggunakan cap yang terbuat dari tembaga,batik kontemporer yangmana motif batik dibuat dengan teknik bebas tanpa pola.

Kain yang sudah dibuat batik untuk pewarnaannya juga ada dua macam yaitu dengan pewarnaan alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari bahan alam seperti: daun, batang, akar, bunga maupun buah yang diekstraksi terlebih dahulu serta pewarnanaan sintetis yaitu dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Tips dan cara pemilihan serta perawatan kain motif batik

  • Tentukan pilihan batik yang akan dipilih, baik jenis maupun motif nya
  • Teliti batik yang akan kita beli,jangan keliru tekstil printing bercorak batik. Cara membedakan batik asli dengan printing adalah kalau batik lukisannya tembus ke belakang atau jika dibolak balik bagian dalam dan luarnya sama jelasnya.

Kain batik agar motif dan warnanya awet dan tidak mudah pudar maka diperlukan teknik perawatan khusus yaitu

  • Cara merawat batik yaitu jika batik berserat seperti sutera maka pencuciannya harus menggunakan dry cleaning, shampoo atau dengan cairan khusus, jika batik bukan sutera maka direndam tanpa sabun dan dicuci hanya pada bagian yang kotor saja dengan menggunakan sabun mandi, shampoo, lerak atau cairan khusus. Jangan digosok dan jangan menggunakan detergen. Anda dapat menggunakan jeruk nipis bila pakaian batik anda terkena noda.
  • Cara menyimpan batik ialah dengan cara batik dicelup dengan air hangat yang diberi akar wangi setelah batik dicuci kemudian dijemur. Jangan jemur batik pada tempat yang langsung terkena matahari, tetapi jemur batik di tempat yang teduh. Setelah kering batik sutera bisa dicuci biasa, cukup diangin-anginkan atau diseterika hanya dengan melapisi kain terlebih dahulu saat diseterika (termasuk kain batik bukan sutera). Setelah diseterika batik dimasukkan plastik agar tidak terkena rengat dan hindari pemakaian kapur barus pada kain batik
  • Saat menyimpan dalam lemari, anda dapat memasukkan akar wangi agar pakaian anda tidak dirusak ngengat.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut diatas dan adanya berbagai macam kain “motif batik” yang beredar saat ini maka kita akan dapat memilih jenis kain batik yang berkualitas.

Kreasi kain dengan motif batik

  • Motif batik traditional jawa yang dikenal dengan batik traditional atau batik konvensional karena motif batik yang dibuat adalah motif batik dengan pakem atau aturan tertentu yang merupakan corak flora dan fauna alam sekitar di jawa.
  • Motif batik traditional Indonesia yaitu motif batik yang berasal dari jawa di pedalaman atau dataran dan selanjutnya karena di pesisir banyak didatangi pedagang Belanda, Cina dan India maka berkembang motif batik yang cenderung bebas dari pakem batik jawa traditional. Motif batik masing-masing daerah mempunyai ciri khas motif batik & warna tersendiri.
  • Motif batik modern atau dikenal juga dengan batik kontemporer yaitu motif batik yang bebas tidak menaati pakem atau aturan yang ada pada batik traditional. Motif batiknya biasanya motif fraktal atau geometris,abstrak,motif desain bebas tanpa pola atau aturan sama sekali.

Berbagai motif tersebut dalam perkembangannya akan dapat semakin banyak kreasinya sesuai perkembangan dan kemajuan jaman.

Kain gambar motif batik memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri bagi pemakainya sehingga kain dengan motif batik saat ini sudah banyak diaplikasikan menjadi berbagai produk yang menarik. Untuk melihat berbagai produk kami silahkan kunjungi model motif batik kami.

Apakah anda tertarik untuk memiliki berbagai produk model batik kami?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>